Space Iklan


 

Kompas.com
ENDE, KOMPAS.com — Di hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional SMA hari ini, Rabu (22/4) di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, ditemukan sejumlah kesalahan cetak pada soal Matematika Paket B Jurusan IPA.

Kesalahan cetak itu terjadi pada penulisan nomor soal. Dari total 40 soal, yang seharusnya pada urutan nomor 19-21, ternyata setelah nomor 19 tidak ada nomor 20. Yang tercetak adalah nomor 19-21-21. Hal yang sama juga terjadi pada urutan soal nomor 37-39, tetapi tidak tercantum nomor 38.

"Kesalahan ini dimungkinkan pada master soal yang dibuat pusat atau di tingkat percetakan. Kami sudah membuat berita acara menyangkut hal ini untuk dikirimkan ke pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Ende agar siswa tidak menjadi korban," kata Kepala SMA Katolik Syuradikara Pater Kanisius Bhila SVD di Ende.

Kasus itu ketika dikonfirmasi ke sekolah lain, seperti SMA Negeri 1, dan SMAK Taruna Vidya Ende, ternyata mereka juga mengalami hal yang sama.

Pemantau dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ende Yohanes Niron mengatakan, dimungkinkan masalah itu hanya kesalahan cetak nomor soal karena, jika dicermati, materi soalnya dari nomor 19-21 maupun nomor 37-39 berbeda.

"Solusinya setelah nomor 19, soal nomor 21 itu diganti menjadi nomor 20, begitu pula setelah nomor 37 soal nomor 39 diganti nomor 38. Diharapkan juga pada kunci jawabannya sesuai dengan perkiraan ini," kata Yohanes.

Menurut Yohanes, kasus itu dimungkinkan letak kesalahan pada pihak percetakan di Kupang karena master soal dari pusat yang kemudian digandakan di tiap-tiap provinsi.

Sebelumnya, pihak SMAK Syuradikara juga menemukan kerancuan materi soal UN SMA Mata Pelajaran Biologi, yaitu pada nomor 20 pada paket soa l A, dan nomor 21 paket soal B. Dari pilihan 5 huruf jawaban (A-E) dinilai semuanya benar.

Pertanyaan soal Biologi itu, Di dalam tubuh manusia terdapat hormon yang mempengaruhi metabolisme sel, pertumbuhan dan perkembangan, serta diferensiasi jaringan tubuh. Hubungan yang tepat antara kelenjar penghasil hormon dan hormon yang dihasilkannya adalah A. Paratiroid menghasilkan parathormon, B. Adrenal menghasilkan adrenalin, C. Gonad menghasilkan progesteron, D. Pankreas menghasilkan insulin, E. Tiroid menghasilkan tiroksin.

Kasus lain juga ditemukan untuk soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kurang 1 lembar, yaitu untuk halaman 10 dan 11.

Example 1

Content 1 Here.

Go to 3rd slide

Content 2 Here.
Content 3 Here.
Tentang Kami | Site Map | Privacy Policy | Hubungi Kami | ©2009 RRI Medan
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 214 Medan